Japan

Tips Belajar Bahasa Jepang

12 Dec 2020
Tips Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa asing sebenarnya gampang-gampang susah. Kita harus memahami bagaimana suatu bahasa itu terbentuk mulai dari hurufnya, tata bahasanya, hingga kosakatanya terlebih dahulu sebelum mulai bisa merangkai kalimat yang baik dan benar.

 

Nah, jika kamu ingin bekerja di Jepang, tentunya kamu harus mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang sebab tidak semua orang Jepang bisa berbahasa Inggris lho. Hanya sedikit sekali jumlah orang Jepang yang bisa berbahasa Inggris sehingga mau tidak mau kamulah yang harus bisa bahasa Jepang ketika kamu bekerja di Jepang nanti. Simak yuk cara bekerja di Jepang di sini.

 

Bahasa Jepang merupakan bahasa resmi di Jepang yang memiliki jumlah penutur 125 juta jiwa. Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara Asia lainnya yang berdekatan dengan negara Jepang seperti Korea dan Tiongkok. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Japan Foundation per tahun 2012 jumlah pembelajar bahasa Jepang di Indonesia mencapai 870 ribu orang. Jumlah ini di bawah penduduk Tiongkok yang mencapai 1 juta jiwa.

 

Belajar bahasa Jepang akan menjadi mudah jika kamu mengetahui trik belajar yang tepat.

 

Berikut ini tips-tips belajar bahasa Jepang versi Joycare Indonesia.

1. Mulailah dengan menghapal huruf, pelajari tata bahasanya, hingga menghapal kosakata lebih sering

Bahasa Jepang memiliki 4 jenis huruf yaitu hiragana, katakana, kanji, dan romaji. Sebelum memahami bahasa asing maka kamu perlu pahami dahulu huruf-huruf yang ada untuk paham cara membacanya. Setelah bisa membaca, kamu juga perlu mempelajari tata bahasanya agar dapat mengetahui konteks kalimat yang dituturkan. Kamu juga perlu hapal kosakata sebanyak-banyaknya agar semakin meningkat level kebahasaaanmu.

 

2. Latihan berbicara dan menyimak bahasa Jepang sebanyak mungkin

Poin penting di dalam belajar bahasa asing adalah berbicara dan menyimak bahasa Jepang sebanyak mungkin agar semakin terlatih. Jangan sampai kamu belajar bahasa  jepang teori saja tetapi tidak pernah mempraktekkannya langsung.

 

3. Menulislah buku harianmu sendiri

Menulis juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan level bahasa jepangmu. Kamu harus banyak latihan mengarang atau menulis kalimat sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kamu akan lebih luwes dalam membuat kalimat bahasa Jepang.

 

4. Belajar dari coach yang tepat

Agar kamu dapat memahami materi dengan baik, kamu memerlukan coach yang memang ahli di bidangnya. Kamu dapat belajar bahasa Jepang dengan para coach bahasa Jepang di Joycare, dengan begitu peluangmu untuk lolos bekerja di Jepang sebagai Hi-Level Caregiver Jepang akan semakin besar. 

Ayo bekerja di Jepang sebagai Hi-Level Caregiver di Jepang bersama Joycare Indonesia.

Kamu dapat mengikuti kelas yang fleksibel. Siapapun dapat mengikutinya seperti mahasiswa tingkat akhir, karyawan, dan lainnya. 

Tersedia beasiswa gakuseicare hingga total 23 juta rupiah.

Cek persyaratan program Joycare di sini.

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon