Japan

Syarat Kerja di Jepang Untuk Wanita dan Pria Ternyata Tak Jauh Beda

23 Apr 2021
Syarat Kerja di Jepang Untuk Wanita dan Pria Ternyata Tak Jauh Beda

Kerja di Jepang memang sangat menyenangkan, begitu kata para alumni magang jepang atau menurut warga Indonesia yang pernah bekerja disana. Selain gaji yang sangat besar, pengalaman dan pengetahuan luar biasa pun sangat nyata bisa dirasakan.

Namun selain program magang di Jepang, pemerintah meresmikan program terbarunya untuk penyerapan tenaga kerja asing yang lebih professional lagi, yaitu program Tokutei Ginou atau Specified Skilled Worker (SSW).

Sudah umum di masyarakat kita, bahwa ketika hendak melakukan aktifitas kerja lintas negara segala persiapan untuk persayaratan yang mesti dipenuhi pasti akan sangat sulit. Tidak ada salahnya, hanya saja tidak terlalu sulit juga.

Seperti apa sih syarat kerja di Jepang untuk wanita dan pria, ungkapan itu yang biasanya sering terlontar pada sebagian orang yang berkeinginan untuk mendulang penghasilan di Negeri Kimono ini.

Uraian berikut ini diharapkan mampu memberi gambaran bagi Anda yang sangat berkeinginan untuk bekerja atau sekedar magang disana. Setelah mendapatkan gambaran, mulailah mencari Informasi dan berkunjung ke Instansi yang ada kaitan dalam urusan pengelolaan tenaga kerja atau pengurusan kerja magang atau tokutei ginou ke Jepang.

Di mana pun, dalam profesi apapun, sebuah aktifitas pekerjaan, komunikasi yang baik, terjaga, tepat penyampaian, tepat penerimaan adalah kunci keberhasilan dalam seluruh aktifitas.

Sehingga, tidak heran bahkan menjadi suatu kewajiban pertama dan utama bagi para calon tenaga kerja atau magang ke Jepang yaitu menguasai Bahasa Jepang. Itu prasyarat mutlak yang harus dijalankan.

Selanjutnya, pendalaman materi seputar industri Jepang terutama yang hendak menjadi lokasi magang atau bekerja. Seperti apa persyaratan lainnya, bisa kita simak di poin-poin berikut ini.

Pemerintah Jepang sangat selektif dalam hal penerimaan calon tenaga kerja di negaranya. Ini terlihat jelas pada penjelasan persyaratan umum yang tertuang, nyata bahwa kualitas lebih diutamakan dari pada kuantitas.

Berikut ini syarat kerja di Jepang Untuk Wanita dan Pria khususnya dalam program magang :

1.    Dari sisi latar belakang jenjang pendidikan, lulusan Strata I dan Diploma III akan lebih diutamakan dibandingkan jenjang pendidikan minimal yaitu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau SLTA. Untuk persyaratan program Tokutei Ginou (status VISA dengan gaji dan perlakuan yang berada di atas magang dan disetarakan dengan pekerja orang Jepang, cek di sini).

2.    Tidak memiliki cacat tubuh, baik yang sudah bawaan lahir maupun yang diakibatkan sebuah kejadian yang menyebabkan ada kerusakan/kelainan pada anggota tubuh.

3.    Memiliki masalah kesehatan yang menular, dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan efektifitas pekerjaan. Perlu dilakukan Tindakan penyembuhan terlebih dahulu dan menunjukkan hasil pemeriksaan kesehatan yang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter.

4.    Memiliki perawakan yang sehat, fit, dan bisa bergerak secara fut. Seimbang antara tinggi dengan berat badan. Untuk wanita minimal 148 centimeter tinggi badan sementara pria 160cm. Berat badan ideal wanita sekira 40kg dan 50kg bagi calon pekerja pria.

5.    Kebersihan diutamakan, yang berpenyakit kulit, tindikan serta bekas tattoo di tubuh bagian luar atau area tubuh yang terlihat tidak diperkenankan.

6.    Umur 18 tahun sampai 30 tahun adalah prasyarat yang penting juga diperhatikan, lembaga swasta dan lembaga pemerintah berbeda dalam pemilihan tenaga kerja dari tinjauan usia.

Sebagai persyaratan administratif, ada beberapa kelengkapan yang wajib diperhatikan, diantaranya :

1.    Identitas Pribadi berupa Kartu Tanda Penduduk dan kartu Keluarga

2.    Form Isian proses lamaran pekerjaan

3.    Pernyataan Sehat dari Tenaga Medis

4.    Kartu SKCK dari lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia

5.    Pernyataan Persetujuan/Izin magang dari Orang tua atau Wali

6.    Ijazah beserta Transkrip Nilai Pelajaran

7.    Skill Certification atau Sertifikat Keterampilan

8.    Surat Lamaran Pekerjaan dengan melampirkan Foto diri dan Kartu Pencari Kerja

Demikian syarat kerja di Jepang untuk wanita dan pria, secara umum dan yang spesifik. Tidak jauh berbeda untuk keduanya. Mungkin detil sampai ke hal terkecil masih belum terangkum disini. Anda tidak perlu khawatir, karena pihak lembaga yang mengurus pun akan menjelaskan secara gamblang.

Semoga dengan penjelasan singkat ini Anda semakin memiliki gambaran dan bisa melakukan persiapan memanfaatkan lowongan kerja di Jepang bahkan dari sebelum keberangkatan

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon