Japan

Perbedaan Kimono VS Yukata

30 Oct 2020
Perbedaan Kimono VS Yukata

Bagi orang asing yang kurang mengerti, agak sulit untuk membedakan antara kimono dan yukata. Orang sering salah menyebut yukata sebagai kimono, dan mungkin sebaliknya. Kebanyakan orang awam tahu bahwa pakaian tradisional Jepang adalah kimono, meski sebenarnya tak jarang yang mereka lihat adalah yukata bukan kimono.

Terdapat beberapa perbedaan antara kimono dan yukata. Salah satunya adalah harga kimono yang ternyata sangat mahal.

Kimono

Kimono termasuk pakaian tradisional Jepang yang tertua dan berharga tinggi.  Kimono terbuat dari sutra brukat, memiliki lapisan dalam dan luar dan ada 2 corak.

Kimono dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Dikenakan sepanjang tahun dan memiliki gaya yang berbeda di setiap musim, yakni selapis di musim gugur dan musim semi, serta beberapa lapis di musim dingin. Kimono juga terdiri dari beberapa macam jenis tergantung pada acara dan juga status sosial pemakainya.

 

 

Yukata

Yukata adalah pakaian tradisional Jepang yang lebih kasual dan terjangkau harganya. Yukata terbuat dari bahan katun dan dipakai pada musim panas. 

Yukata biasanya dipakai oleh perempuan, namun dewasa ini laki-laki juga mulai memakainya . Yukata sebenarnya kurang formal, oleh sebab itu orang-orang lebih sering bereksperimen dengan warna, corak, dan aksesoris.

 

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon