Japan

Mengenal Program Magang dan Gaji Magang di Jepang (Program Kerja di Jepang Sebelum Tokutei Ginou Diresmikan)

16 Apr 2021
Mengenal Program Magang dan Gaji Magang di Jepang (Program Kerja di Jepang Sebelum Tokutei Ginou Diresmikan)

Mengenal Program Magang dan Gaji Magang di Jepang

Jepang sangat terkenal sebagai pusat industri, sebagai negara maju. Negara ini sudah menghasilkan banyak karya produksi di bidang teknologi. Terlebih untuk teknologi transportasi atau automotif.

Kendaraan bermotor seperti Honda, Yamaha merupakan sebagian dari banyak hasil inovasi teknologi negeri matahari terbit ini. Merk terkenal 2 produk automotif itu sudah sangat mendunia, memiliki nama besar dan telah memiliki hati para penggemarnya di berbagai benua.

Banyak warga negara Indonesia yang bekerja pada industri teknologi transportasi milik Jepang, baik yang bekerja di kantor atau pabrik perwakilan di negara luar Jepang, ada juga yang langsung bekerja di negeri asalnya melalui program magang yang diadakan pemerintah maupun lembaga swasta. Mau tahu program magang dan gaji magang di Jepang? Simak uraian berikut.

Indonesia sejak dulu sekira tahun 90-an telah menjalin hubungan kerjasama bilateral dengan Jepang. Hubungan kerjasama kedua negara ini sangat harmonis bahkan sampai saat ini.

Sebuah jalinan yang tentunya saling memberikan andil yang sangat besar bagi kedua negara terutama dari sisi pembangunan. Di antara pembangunan dimaksud adalah pengembangan industri.

Ketika berbicara industri, tentunya tidak akan terlepas dengan tenaga kerja, sistem kerja sama ketenagakerjaan. Melalui Kedutaan Besar kedua negara pada bagian yang terkait urusan kerjasama antar negara, diadakanlah Program Magang ke Jepang.

Yang paling dikenal di masyarakat kita, bahwa kerjasama dengan negara Jepang ini yaitu pengiriman Warga Negara Indonesia untuk menjadi tenaga Kerja di sana. Persyaratannya pun tidak terlalu susah, silakan Anda baca artikel kami tentang syarat kerja di Jepang untuk wanita dan pria.

Jepang, dengan demand produk yang sungguh luar biasa dari banyak negara di seluruh dunia, menuntut tingkat produktifitas produksi yang sangat tinggi. Sementara penyerapan tenaga kerja produktif sangat tidak mendukung bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini.

Banyaknya Warga Negara Indonesia yang dibina secara khusus dan intensif langsung melalui lembaga pemerintahan terkait, seperti LPTKI dibawah Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, sangat memiliki peran penting bagi kemajuan industri kedua negara.

Ini bisa dibuktikan dengan masih banyaknya program magang ke Jepang baik melalui jalur kelembagaan Negara maupun via swasta, masih berjalan dengan baik dan banyak peminatnya dari tahun ke tahun.

Tapi ada satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui bahwa program magang ke jepang ini ada perbedaan dengan jalur Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang.

Untuk program magang ke Jepang, memiliki sisi edukasi, pembelajaran bagi para peserta magang. Jadi bukan semata-mata untuk bekerja secara penuh, ada program rancangan khusus yang sedikit berbeda pada pelaksanaannya.

Ada kebijakan yang berbeda pada pelaksanaanya antara Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Jepang dengan yang hanya sebatas peserta program magang. Bagaimana gaji magang di Jepang? kita sedikit berikan gambaran.

Sehingga, tidak sedikit lembaga swasta bahkan yang berskala kecil pun mampu mengadakan program ini, selama mereka memiliki akses penuh dan terpercaya untuk melaksanakannya.

Lembaga pendidikan pun banyak yang menjadi agen sebagai perwakilan program yang bahkan sampai terjun langsung semua proses kepengurusan. Ini suatu peluang positif bagi para pembelajar tentunya.

Dengan banyaknya peserta magang ke negaranya, Jepang sangat terbantu dari sisi permasalahan tenaga kerja terampil dan terlatih secara professional, di lain pihak, penyelenggara program pun merasa diuntungkan dengan adanya wadah untuk para binaannya mengaplikasikan pengetahuan secara langsung di tempat kerja.

Untuk gaji magang di Jepang, industri-industri di negara maju ini sangat berani menggelontorkan nilai besar bahkan bagi tenaga kerja yang hanya berstatus magang.

Program magang ini, jika diibaratkan seperti Praktek Kerja Lapangan. Sebagai contoh, mahasiswa teknik mesin industri, melakukan praktikum langsung untuk menerapkan teori di kampus secara langsung di Industri terkait teknik mesin.

Sedikit gambaran untuk Anda berkaitan dengan gaji magang di Jepang, ini kami dapatkan dari beberapa pihak terpercaya baik pribadi maupun institusi yang sudah terbiasa dengan Jepang.

Dari data yang kami terima, gaji magang di Jepang sangat bervariasi mulai dari kisaran 8.000 Yen sampai 10.000 Yen, ini setara dengan 8 atau 10 juta Rupiah per bulannya.

Akan tetapi ada yang besar juga bayaran untuk setiap bulannya, jika dikonversi dari mata uang jepang terhadap Rupiah bahkan ada yang senilai 25 sampai dengan 30 juta, dan itu sudah di luar biaya akomodasi atau tempat tinggal beserta isinya. Karena kebanyakan ditanggung oleh pihak perusahaan.

Mendengar Informasi gaji magang di Jepang tentunya banyak pihak yang sangat tertarik untuk ambil bagian. Bagaimana tidak, 1 tahun saja anda magang di Jepang, bisa mendapatkan banyak uang ketika kembali ke tanah air.

 

 

Program Tokutei Ginou Jepang Caregiver

Program magang di Jepang memang cukup populer sejak tahun 90-an. Gaji magang di Jepang yang terbilang besar membuat orang-orang berbondong-bondong ingin bekerja di Jepang. Namun kamu perlu tahu bahwa pemerintah Jepang merilis program kerja di Jepang yang lebih baru lagi, yaitu Tokutei Ginou.

Program Tokutei Ginou memiliki 14 bidang, dan yang paling dibutuhkan saat ini lowongan pekerjaan tokutei ginou caregiver.

Bersama dengan Joycare Indonesia sebagai perusahaan pemberangkatan kerja di Jepang untuk program Tokutei Ginou Caregiver, kamu yang memiliki kualifikasi lulusan D3 D4 S1 dari semua jurusan dan berusia 20 tahun hingga 33 tahun dapat mengikuti program Joycare.

Joycare Indonesia membuka kesempatan bagi kamu untuk mendaftar tokutei ginou kerja di Jepang. Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah mengikuti webinar Joycare untuk memahami program tokutei ginou caregiver seperti apa.

Pendaftaran webinar Joycare untuk program Tokutei Ginou Caregiver dapat dilihat pada artikel kami berikut ini.

 

 

Demikian ulasan ini kami buat. Semoga kamu bisa mewujudkan impianmu untuk bekerja di Jepang. Ajak juga teman-temanmu untuk bekerja di Jepang yaaa...

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon