Japan

10 Kuliner Jepang Terpopuler Saat Musim Panas

04 Jul 2020
10 Kuliner Jepang Terpopuler Saat Musim Panas

Musim panas di Jepang penuh dengan kejutan. Dengan banyaknya festival dan acara di Jepang saat musim panas, kamu dapat menemukan makanan-makanan yang menggugah selera. Kamu pasti akan tergiur untuk mencicipi makanan-makanan Jepang terpopuler khas musim panas.

Berikut ini 10 Kuliner Jepang Terpopuler Saat Musim Panas:

1. Somen

Somen mungkin hidangan mie yang tidak biasa karena mie ini disajikan dingin. Di Jepang, ada banyak jenis hidangan mie dingin dan somen salah satunya. Karakteristik utama mie jenis ini adalah mie rebus, tipis, lalu mie dicelupkan ke dalam saus (tsuyu) dan didinginkan. Anda bisa membuat saus mie sedikit lebih beraroma dengan menambahkan jahe atau wasabi. Ini adalah pengganti yang bagus dari minuman dingin.

2. Kakigori

Tak ada yang lebih enak selain menikmati Kakigori (es serut dalam gelas) di hari musim panas. Kamu mungkin akan merasakan seperti memiliki salju yang berjatuhan di dalam gelasmu ketika kamu menikmatinya. Kakigori adalah es serut yang disajikan dengan bahan utamanya sirup. Ada beberapa rasa seperti stroberi, ceri, teh hijau, melon, blueberry dan lain-lain.

Kakigori juga disebut sebagai camilan musim panas yang populer di masyarakat Jepang. Anda sebaiknya jangan sampai melewatkan kuliner Jepang musim panas satu ini.

3. Ayu

Ayu adalah ikan air tawar, biasanya dipanggang lalu disajikan. Memiliki rasa manis yang lembut dengan tekstur ringan. Ayu biasanya dinikmati saat malam pertunjukan kembang api saat musim panas. Di Jepang, musim panas dikaitkan dengan kembang api dan festival. Sambil menonton kembang api akan terasa benar-benar luar biasa, terutama bagi mereka yang suka makan ikan. Ini adalah salah satu makanan festival musim panas paling populer di Jepang. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dari gerobak makanan yang dijual dekat area festival.

4. Hiyashi Chuka

Hiyachi Chuka secara harfiah berarti Cina Dingin, ini adalah mie ramen dingin yang sempurna di Jepang. Masakan Jepang terkenal dengan warna, bahan, spesialisasi daerah, dan rasa aromatiknya. Hiyashi Chuka adalah hidangan musim panas Jepang terpopuler lainnya yang dapat Anda nikmati di hari musim panas yang panas dan lembab di Jepang. Hidangan ini terdiri dari mie ramen dingin, telur, ham, udang, wortel, mentimun, tomat, kecap wijen dan lain-lain.

5. Unagi Panggang

Unagi panggang atau belut Jepang air tawar adalah hidangan yang sempurna untuk makan siang di Jepang selama musim panas. Sejujurnya, ini adalah hidangan musim panas yang mahal. Harganya tinggi dibandingkan dengan hidangan lainnya yang telah dijelaskan sejauh ini dalam artikel ini. Unagi memberi Anda banyak stamina untuk bertahan hidup di musim panas. Unagi panggang yang dicampur dengan kecap manis memiliki tekstur yang sangat renyah. Unagi bakar dapat dinikmati dengan nasi hangat yang sangat lezat.

6. Yakitori

Yakitori adalah salah satu makanan festival musim panas yang paling banyak dimakan di Jepang. Yakitori terdiri dari berbagai potongan ayam ukuran gigitan yang disusun di batang kayu lalu dipanggang. Ada beberapa jenis jenis Yakitori seperti momo, kawa, mune, tebasaki dan sebagainya.

7. Ramune

Sebagian besar orang di Jepang lebih suka minum sebotol Ramune karena dianggap sebagai minuman ringan berkarbonasi yang terkenal. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semua orang menyukainya. Biasanya, ramune tersedia dalam berbagai rasa seperti lemon, pisang, ceri, permen karet, kari, blueberry, apel, melon, mangga, dan sebagainya.

8. Morioka Reimen

Morioka Ramen adalah spesialisasi hidangan lokal yang populer di prefektur Iwate. Ini adalah hidangan mie dingin yang awalnya dikembangkan dari mie Korea terkenal yang disebut Naengmyeon. Untuk membuat Morioka Ramen diperlukan kaldu daging sapi dingin, telur rebus, irisan daging sapi, mie kenyal, semangka, kimchi dan irisan berbagai sayuran.

9. Saikoro Steak

Saikoro steak adalah steak dadu. Steak ini adalah salah satu jenis steak Jepang yang terkenal dapat ditemukan di sekitar festival musim panas di Jepang. Terbuat daging sapi yang dipotong dadu lalu dipanggang. Tekstur dagingnya terasa lembut dan rasanya yang lebih juicy, khas daging sapi Jepang. Steak ini dapat dinikmati dengan menambahkan saus agar rasanya lebih lezat. Saus yang digunakan beraneka ragam, ada saus teriyaki, asam manis, dan teppanyaki. Saat dihidangkan dapat ditambahkan dengan asparagus.

10. Semangka

Nah, kuliner khas musim panas yang cukup populer di Jepang dan paling banyak dicari saat musim panas tiba adalah semangka. Semangka mengandung air yang sangat banyak, di mana ini dapat memenuhi dahaga. Rasanya yang manis juga dapat menambah kelezatan semangka. Benar-benar buah yang sangat lezat dan sempurna untuk menghilangkan dehidrasi. Ada yang unik dari semangka, Anda dapat menjadikan semangka sebagai hadiah di musim panas!

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon