Japan

5 Jenis Sushi Yang Wajib Kamu Ketahui

26 Jun 2020
5 Jenis Sushi Yang Wajib Kamu Ketahui

Pasti kamu sudah tidak asing dengan makanan Jepang bernama sushi bukan?

Sushi adalah jenis makanan Jepang olahan seafood yang banyak digemari oleh pecinta kuliner di mancanegara termasuk Indonesia. Sushi tergolong makanan Asia yang paling populer di seluruh dunia. Sushi bahkan terdaftar dalam kategori 100 makanan terlezat di dunia dilansir dari media berita BBC.

Yap, makanan ini adalah makanan khas Jepang yang cukup banyak digemari oleh pecinta kuliner dari mana saja. Jadi bukan hanya digemari oleh orang Jepang saja namun juga oleh orang-orang dari berbagai negara. Sushi dinilai sangat cocok di lidah hampir semua orang. Citarasa sushi yang gurih, asin, pedas, dan manis akan menjadi sangat mustahil jika ada orang yang tidak menyukainya.

Nah, sobat Joycare, mungkin selama ini ketika kamu mengunjungi restoran Jepang, banyak nih yang masih bingung dengan jenis-jenis sushi yang tertera di dalam daftar menu. Untuk itu, agar kamu tidak salah memilih menu sushi yang kamu inginkan, sebaiknya kamu perlu mengetahui jenis-jenis sushi yang umum dijumpai di restoran-restoran Jepang. Hal ini berguna banget lho agar kamu jangan sampai salah pesan dan berakibat sushi yang kamu pilih tidak sesuai dengan selera kamu.

Berikut ini 5 jenis sushi yang wajib kamu ketahui versi Joycare:

1. Maki

Jenis sushi yang akan kita bahas pertama adalah maki. Maki sushi adalah jenis sushi yang sederhana dan enak. Ini merupakan jenis sushi yang dibungkus dengan nori (rumput laut). Sushi ini berisi seafood dan sayuran segar, buah, atau aneka lauk matang maupun mentah seperti salmon, ikan tuna, telur, belut, gurita, atau daging-dagingan. Maki ini dibungkus dengan rumput laut yang renyah. Isian di dalam maki tergantung pada selera masing-masing pembuatnya. Maki sendiri memiliki berbagai macam varian lagi seperti hoso-maki, futo-maki, saiku-maki, dan te-maki.

2. Temaki

Temaki-sushi menjadi jenis sushi populer kedua di antara pecinta sushi lainnya, bahkan yang baru saja mencicipinya. Temaki-sushi adalah jenis sushi yang terdiri dari komponen gulungan nasi dengan isian ikan yang dibentuk seperti cone (kerucut) mirip es krim. Bagian luar temaki adalah nori (rumput laut), dan bagian dalamnya berisi nasi, sayuran, dan lauk yang berupa makanan laut seperti ikan atau telur ikan.

3. Uramaki

Sushi jenis ini berkebalikan dengan jenis maki. Jika maki-sushi menggunakan rumput laut di bagian luar, pada uramaki justru terletak di gulungan terdalam. Biasanya bagian luar sushi digulingkan di atas tobiko, wijen, atau remah tempura.

Uramaki-sushi adalah kebalikan dari sushi pada umumnya. Jika nori atau rumput laut panggang berada di luar, uramaki-sushi menempatkan nori ada di bagian dalam digulung menggunakan nasi. Uramaki dapat dijadikan pilihan bagi siapa saja yang ingin makan sushi tetapi tidak yakin dengan tekstur rumput laut.

4.Sashimi

Sashismi dan sushi pada umumnya cukup berbeda. Yang menjadi ciri khas sashimi adalah tidak ada nasi di dalam komponennya. Sashimi berisi komponen ikan mentah yang diiris sangat tipis dengan menu populernya adalah salmon, tuna, gurita, kerang, atau landak laut. Sayuran pendamping yang biasa turut disajikan adalah lobak daikon, acar jahe, wasabi, dan kecap.

5. Nigiri

Nigiri berarti sushi yang ditekan menggunakan tangan lalu dibentuk menjadi kepalan. Orang yang membuat nigiri akan mengambil nasi seukuran telapak tangan lalu membentuknya menjadi lonjong. Kemudian, ia akan melapisinya dengan sepotong ikan mentah tipis, dan kadang juga ditutup dengan lauk matang misalnya unagi (belut Jepang) bakar atau telur dadar tebal.

 

Nah, jadi bagaimana sobat Joycare? Sekarang sudah tahu ya jenis-jenis sushi apa saja. Setelah membaca artikel ini, jangan lupa kunjungi restoran-restoran Jepang di daerahmu dan cobain jenis-jenis sushi di atas ya~

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon