Japan

Cara Menjadi Caregiver di Jepang

02 Jul 2021
Cara Menjadi Caregiver di Jepang

Cara menjadi Caregiver di Jepang

Pekerjaan Caregiver atau perawat lansia di Jepang merupakan salah satu pekerjaan yang digemari beberapa tahun ini. Ada beberapa alas an mengapa banyak orang Indonesia yang ingin menjadi caregiver di Jepang, salah satu nya adalah pekerjaan caregiver di Jepang dianngap sebagai pekerjaan bergengsi.

Sebelum membahas mengenai cara untuk menjadi caregiver di Jepang, kita harus mengetaui terlebih dahulu apa saja pekerjaan caregiver dijepang. Pekerjaan nya meliputi Care Worker / Perawat Lansia. Building Cleaning Management / Petugas Kebersihan Gedung. Machine Parts & Tooling Industries / Industri Pembuatan Perangkat & Suku Cadang Mesin.

Cara menjadi caregiver di Jepang dari Indonesia sendiri ada berbagai macam, tergantung dari jenis visa yang akan kita gunakan. Mari kita bahas caranya satu per satu.

11..    Visa Tokutei Katsudou, Melalui program Pemerintah (G to G)

Pemerintah Indonesia dan Jepang bekerja sama untuk membuat program bekerja sebagai nurse atau caregiver di jepang dengan nama IJ-EPA. Program ini dikhususkan hanya bagi lulusan minimal D3 dengan jurusan keperawatan.

 

Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi link berikut :

https://bp2mi.go.id/gtog-detail/jepang/pengumuman-pendaftaran--penempatan-calon-pekerja-migran-indonesia-(pmi)--kandidat-nurse-(kangoshi)dan-careworker-(kaigofukushishi)-program-g-to-g-ke-jepang--batch-xiii-tahun-2020

 

22.      Visa Kenshu, Melalui program magang Jepang

Pemerintah Indonesia dan Jepang bekerja sama untuk membuat program bekerja sebagai caregiver bagi orang Indonesia yang memiliki latar belakang kesehatan yang bukan keperawatan. Selain itu, SMK Kesehatan pun dapat mendaftarkan diri ke program ini. Usia pun hanya terbatas hingga 25 tahun saja. Perlu diingat kembali, tujuan utama dari program magang Jepang adalah untuk menyalurkan ilmu yang dipelajari di Jepang untuk memajukan Indonesia. Yang artinya, diharapkan untuk kembali ke Indonesia setelah program selesai.

Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi link berikut :

https://jiaec.co.id/program-kaigo/

 

33.      Visa TG Melalui program SSW Joycare Indonesia

Sejak april 2019, pemerintah jepang menerbitkan jenis visa Kerja baru bernama Tokutei ginou Visa atau SSW Visa. Berbeda dengan 2 Jenis visa diatas, latar pendidikan tidak hanya terbatas di bidang kesehatan saja. Untuk non kesehatan pun dapat bergabung dengan program ini. Kelebihan dari program ini dibandingkan dengan program magang adalah dapat bekerja maksimal 5 tahun dengan gaji, tunjangan dan kondisi lainnya yang disetarakan dengan orang Jepang.

Cara untuk bergabung dengan program bekerja di jepang sebangai Hi-Lever caregiver  bersama Joycare:

1. Silakan memastikan sudah memenuhi kriteria atau persyaratan mengikuti program Tokutei Ginou Caregiver bersama Joycare. Persyaratannya diantaranya pendidikan D3 D4 S1 semua jurusan dan usia 20 tahun sampai dengan 33 tahun. Cek persyaratan lengkap disini.

2. Bersedia mengikuti pendidikan Bahasa Jepang secara online (metode e-learning) selama 4 bulan (durasi program yang tepat waktu, apabila lebih dari 4 bulan atau diperpanjang masa belajarnya boleh untuk mengikuti materi pembelajaran hingga N4).

3. Bersedia mengikuti pelatihan keahlian Caregiver Profesional secara offline di Joycare Center Tangerang setelah dinyatakan lulus seleksi offline. Cek cara seleksi offline di sini.

4. Dipastikan sudah benar-benar memahami program Joycare dan mendapatkan izin orang tua atau wali. Untuk memahami program Joycare silakan ikuti webinar Joycare yang diadakan setiap Sabtu atau Minggu. Cek jadwal lengkapnya di sini.

5. Hubungi social media Joycare di Instagram atau Whatsapp 0822-4682-8799 untuk informasi yang masih kurang jelas.

 

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon