Japan

barang yang wajib dibawa pada saat Kerja di Jepang

26 Dec 2020
barang yang wajib dibawa pada saat Kerja di Jepang

Kerja di Jepang merupakan impian yang minasan tunggu-tunggu. Pasti minasan perlu mempersiapkan barang bawaan yang harus dibawa.

 

Di dalam artikel ini, minasan akan mengetahui barang bawaan apa saja yang wajib dibawa pada saat akan berangkat kerja di Jepang.

 

1. Bukti identitas diri

passport kerja di Jepang

Identitas yang penting untuk dibawa adalah passport. Pada saat di bandara, minasan akan diminta untuk menunjukkan identitas diri. Di Jepang pun jika terjadi masalah, sebagai orang asing di Jepanf pasti minasan akan dimintai passportnya. Oleh sebab itu, jangan sampai penunjuk identitas yang satu ini hilang atau minasan lupa membawanya. Simpanlah di tas terpisah atau dompet yang mudah terjangkau dan terlihat oleh minasan.

 

2. Pakaian 

koper

Bawalah pakaian secukupnya. Sepertinya ini menjadi kalimat yang tepat untuk diingat. Mengapa demikian? Pakaian di Indonesia dan pakaian di Jepang mungkin akan berbeda.

 

Jepang memiliki 4 musim yang berbeda yaitu musim dingin, musim gugur, musim panas, dan musim semi. Sedangkan di Indonesia hanya ada 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pembeda musim ini membedakan pakaian yang minasan pakai sehari-hari. Misalnya, pada saat musim dingin di Jepang, minasan membutuhkan pakaian hangat yang tebal, sedangkan di Indonesia sangat jarang orang Indonesia memiliki pakaian hangat yang tebal.

 

Namun ada tips nih, jika minasan pergi ke Jepang pada saat musim dingin, mantel hangat yang tebal dan jaket di dalam mantel menjadi barang bawaan yang wajib dibawa.

 

3. Barang Pribadi Lainnya

laptop hp

Barang barang pribadi yang dimaksud misalnya laptop atau handphone, ataupun barang yang memang penting bagi minasan lainnya.

 

Namun perlu diingat untuk yang membawa handphone ke Jepang, simcard HP minasan mungkin tidak akan terpakai di Jepang. Minasan akan mengganti nomor baru yang dibeli di Jepang. Apabila nomor minasan penting, sebaiknya dititipkan di keluarga minasan di Indonesia untuk tetap mengaktifkannya. Namun untuk penggunaan aplikasi Whatsapp yang terhubung pada nomor minasan, asalkan HP tersambung dengan jaringan internet di Jepang, nomor WhatsApp di HP tersebut tetap dapat digunakan.

 

4. Obat-Obatan Pribadi

obat

Bawalah obat-obatan pribadi secukupnya. Di Jepang minasan akan didaftarkan di pusat kesehatan masyarakat. Untuk mengantisipasi saja, sebelum minasan dapat menikmati fasilitas kesehatan di Jepang, pada awal ke Jepang, obat-obatan pribadi ini akan berguna sekali.

 

 

5. Bahan Makanan Instant Indonesia

 Instant

Barang bawaan yang wajib dibawa lainnya yaitu bahan makanan instant dan bumbu-bumbu instant dari Indonesia. Terutama bumbu-bumbu instant, untuk minasan yang belum terbiasa makan makanan Jepang, tips ini akan berguna sekali. Minasan dapat membawa bumbu-bumbu instant Indonesia yang banyak. Selain berguna untuk penyesuaian taste makanan, tips ini sebenarnya juga dapat berguna untuk  bulan pertama di Jepang agar berhemat pengeluaran sebelum terima gaji.

 

 

Nah itu dia checklist barang bawaan yang wajib dibawa pada saat kerja di Jepang.

 

Jangan lupa share postingan ini ya! Ayo daftar kerja di Jepang gaji 21.5 - 25 juta rupiah per bulan. Daftarnya di sini

expand-team-image
Joycareプロフェッショナルチームと共にあなたのチームを強くしましょう
介護士採用をお考えの企業様へ
whatsapp-icon